20 September 2024

Explore Persib

Persib Bandung dan Olahraga Jawa Barat

PERSIB Jawab Keresahan Publik Sepakbola Bandung

1 min read

PERSIB BANDUNG beberapa hari yang lalu merilis naskah akademik hari jadi PERSIB, hal ini berawal dari keresahan publik pecinta sepakbola, salah satunya kalangan bobotoh.  Hal ini disampaikan langsung oleh CEO PT PERSIB Bandung Bermartabat, Glenn T. Sugita menjelaskan, naskah akademik hari jadi PERSIB berawal dari keresahan publik, terutama jurnalis dan para pegiat literasi, yang ditangkap oleh tim peneliti.

Menurut Pak Glenn, tim peneliti, menyampaikan keresahan publik itu  dan dikomunikasikan dengan PT PERSIB Bandung Bermartabat. “Tim peneliti merekomendasikan untuk segera melakukan riset dan hal itu disetujui PERSIB,” kata Glenn.

“Melihat fakta sejarah ini, logikanya kelahiran PERSIB sebelum pendirian PSSI. Hal itu juga sama seperti penetapan tanggal kelahiran 6 bond pendiri PSSI lainnya. Pada saat pendirian, kecuali PSM Mataram, semuanya masih menggunakan nama cikal bakal klub yang berbahasa Belanda. Mereka baru berubah pada tahun 1950-an,” beber Glenn.

Keenam bond pendiri PSSI lainnya yaitu Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) yang berubah menjadi PPSM Magelang pada tahun 1930, Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB) yang menjadi Persis Surakarta pada 12 Mei 1933, Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB) yang menjadi Persibaya pada 1943 dan Persebaya (1959), Voetballbond Indonesia Jacatra (VIJ) menjadi Persija pada 1950, Madioensche Voetbal Bond (MVB) menjadi PSM Madiun pada 1930 dan PSM Mataram menjadi PSIM Yogyakarta pada 27 Juli 1930.

“Mau tanggal berapapun hari lahir PERSIB, sebenarnya kita tidak ada masalah. Namun, penelitian ini perlu dilakukan karena kita ingin meluruskan dan mencari kebenaran sejarah hari lahir PERSIB” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *